Pemilihan Petani Muda

Pendaftaran :
5 mei 2018 – 17 Agustus 2018
Info Lengkap kunjungi http://www.dutapetanimuda.id/

petani muda 1

Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan

jangan 1“Kasus hama gudang yang ditemukan menyerang kedelai impor di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang jangan dianggap sepele” demikian dikatakan Edhie Sudaryanto Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan saat dimintai pendapatnya tentang ngengat yang menyerang kedelai impor di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Sebagimana berita yang dimuat di Harian Suara Merdeka (Rabu, 1 November 2017), Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Semarang sedang melakukan fumigasi terhadap 315,7 ton ton kedelai impor yang berasal dari Amerika Serikat yang terserang ngengat. Fumigasi dilakukan dengan menggunakan Metyl bromide 48 gram/m3 selama 24 jam.

“Balai Karantina harus hati-hati, jangan sampai melepas begitu saja kedela impor yang telah terinfestasi hama meskipun telah difumigasi. “Untuk amannya, harus ditunggu selama 1 siklus perkembangan hama tersebut sebelum dilepas, sehingga dapat diketahui secara pasti kadelai tersebut sudah betul betul bebas dari hama tersebut. Apalagi jika hama yang menyerang memliki spesies atau biotype yang belum ada di Indonesia. Ini dapat menghancurkan kedelai produk petani di Indonesia. Lebih aman lagi jika kedelai itu direeksor ke negara asalnya. “Ini lebih aman” lanjut Edhie Sudaryanto.

jangan 2Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan, yang daerahnya menjadi sentra unggulan kedelai Nasional itu menambahkan, “Pemerintah diharapkan tidak berhenti sampai disini, kasus ini harus diteliti lebih lanjut. Jangan-jangan, kedelai yang diimpor itu memang sengaja dipilih yang kualitasnya jelek, yang lebih murah. Importasi kedelai itu menganut hukum dagang. Importir pasti berusaha membeli dengan harga murah dan menjual dengan harga mahal. Kedelai yang diimpor ke Indonesia itu umumnya stok lama, bisa lebih dari 3 tahun disimpan di gudang negara asal impor. Jadi kedelai yang digunakan untuk membuat tempe dan tahu di Indonesia itu merupakan kedelai transgenik stok lama yang disimpan di gudang penyimpan kedelai di negara asal”.

jangan 3“Kasus ini diharapkan bisa menjadi awal untuk pembenahan tata niaga kedelai di Indonesia yang selama ini sangat liberal. Saat ini importir dengan bebas memasukkan kedelai transgenik ke dalam negeri tanpa bea masuk sepeserpun, ini harus ditata ulang” kata Edhie Sudaryanto. “Kebijakan ini tidak adil terhadap kedelai lokal yang diproduksi petani dalam negeri. Yang harus diingat, kedelai lokal itu lebih baik, karena non transgenik. Sedangkan kedelai impor itu umumnya trasgenik. Idealnya, kedelai lokal harus lebih mahal dibanding kedelai impor. Tetapi yang terjadi saat ini, kedelai lokal tertekan oleh impor kedelai yang tidak tertata”.
“Secara pribadi saya mengusulkan agar importasi kedelai diserahkan ke Perum Bulog sebagai satu satunya importir kedelai di Indonesia” lanjut Edhie Sudaryanto (Bonie)

**Add comment**


**Security code**
**Refresh**

Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Twitter Dispetan

Rumah Kedelai Grobogan

Kedelai Grobogan

Galeri Foto

Lokasi Kantor

**Go to top**

**Joomla! Debug Console**

**Session**

**Profile Information**

**Memory Usage**

**Database Queries**