peny programa 1Pertemuan untuk menyiapkan penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian dilakukan Penyuluh Dinas Pertanian Grobogan, Kamis (12/7/2018). Pertemuan ini dibuka Kepala Dinas Pertanian Edhi Sudaryanto dan dihadiri sejumlah pihak. Yakni, dari bidang-bidang terkait, koordiantor penyuluh dan Ketua KTNA di tingkat kecamatan, dan perwakilan HKTI.

Hasil dari rapat penyusunan programa tersebut kemudian dituangkan dalam matriks programa penyuluhan dan rencana kerja penyuluh pertanian Kabupaten Grobogan untuk tahun 2019. Programa yang disusun, selanjutnya akan menjadi pedoman pelaksanaan penyuluhan di wilayah kerja sehingga kegiatan-kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan akan mampu merespon kebutuhan pelaku utama dan pelaku usaha serta sebagai pertimbangan penentuan program prioritas dinas terkait.

Kepala Dinas Pertanian Edhi Sudaryanto menyatakan, Programa Penyuluhan Pertanian dilakukan menindaklanjuti Peraturan Menteri Pertanian Nomor 47 Tahun 2016. Programa disusun setiap tahun dengan memuat rencana penyuluhan yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya. Penyusunan programa dilakukan dengan memperhatikan siklus anggaran pada masing-masing tingkatan dengan cakupan pengorganisasian dan pengelolaan sumber daya sebagai pelaksanaan penyuluhan.

peny programa 2Dijelaskan, Programa Penyuluhan Pertanian adalah pernyataan tertulis yang disusun secara sistematis tentang Rencana Kegiatan Penyuluhan Pertanian yang menggambarkan keadaan sekarang, tujuan yang akan dicapai, masalah yang dihadapi, dan rencana kegiatan penyuluhan yang dilakukan secara partisipatif, guna mendukung pencapaian tujuan Program Pembangunan Pertanian.

“Ada beberapa prinsip dasar dalam penyususnan Porgrama. Antara lain, Programa yang disusun harus dapat diukur keberhasilannya dan sesuai dengan keadaan sebenarnya. Selain itu, Programa penyuluhan harus memberikan nilai manfaat bagi peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan prilaku untuk meningkatkan produktivitas, pendapatan, dan kesejahteraan,” katanya.

**Joomla! Debug Console**

**Session**

**Profile Information**

**Memory Usage**

**Database Queries**

**Parsing errors in language files**

**Language Files Loaded**

**Untranslated Strings**