Pemilihan Petani Muda

Pendaftaran :
5 mei 2018 – 17 Agustus 2018
Info Lengkap kunjungi http://www.dutapetanimuda.id/

petani muda 1

Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan

budidaya jagung 1Jagung merupakan salah satu komoditas hortikultura yang menjadi primadona. Permintaan dan harga jual jagung yang tinggi dan waktu tanam yang relatif singkat membuat budidaya jagung sangat menjanjikan. Termasuk pula komoditas jagung manis. Kebutuhan akan jagung manis di dalam negeri yang cukup besar ini, menjadikan prospek usaha budidaya jagung manis cukup menjanjikan.

Kondisi itulah yang menyebabkan sebagian petani di Grobogan mulai mencoba untuk menanam jagung manis. Seperti yang dilakukan Kasmuri, petani dari Dusun Bogangin, Desa Temon, Kecamatan Brati.

Kasmuri memanam jagung manis dilahan seluas 0,5 bahu atau sekitar 3500 meter persegi. Ada banyak varietas jagung manis yang biasa dibudidayakan. Dalam budidaya ini, Kasmuri memilih jagung manis vareitas Talenta.

Budidaya jagung manis dilakukan sekitar dua bulan lalu. Pada pertengahan bulan Juli 2018 ini, jagung yang ditanam sudah mulai dipanen.

Hasil panen yang didapat sebanyak 3,3 ton dengan harga jual Rp 2.100 per kilo atau menghasilkan sebesar Rp. 6.930.000. Untuk memasarkan hasil panen, Kasmuri tidak mengalami kesulitan karena para pembeli sudah berdatangan ke rumahnya.

“Orang yang mau beli jagung manis ini ternyata cukup banyak. Dalam waktu singkat, hasil panen sudah ludes dibeli orang,” katanya.

budidaya jagung 2Saat melakukan budidaya jagung manis, Kasmuri mengaku tidak mengalami kendala. Soalnya, perlakuan dalam budidaya jagung manis tidak jauh berbeda dengan jenis jagung lainnya yang sudah biasa ditanam sebelumnya.

“Budidaya jagung manis itu cukup mudah. Selain itu, modalnya tidak terlalu besar dan pangsa pasarnya luas,” katanya.

“Di musim kemarau seperti ini hanya terkendala dengan air, jika di musim hujan hasilnya bisa bertambah mencapai 4 ton lebih untuk setengah bahu”, imbuh kasmuri

Menurut Kasmuri, jenis ini menghasilkan rasa manis yang banyak disukai orang. Selain dikonsumsi dengan cara direbus atau dibakar, jagung manis juga bisa diolah dalam berbagai jenis sayuran, makanan ringan atau camilan. Jagung manis ini disukai berbagai kalangan, dari anak-anak hingga orang tua.

Menurut Kepala Bidang Hortikultura, Imam Sudigdo penyebaran areal tanam jagung manis pada saat ini di Kabupaten Grobogan ada di beberapa kecamatan antara lain Kecamatan Toroh 25 ha,Purwodadi 10 ha, Pulokulon 7 ha ,Tawangharjo 8,Wirosari 6 ha,Tegowanu 2 ha,dan Ngaringan 2 ha.

**Add comment**


**Security code**
**Refresh**

Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Twitter Dispetan

Rumah Kedelai Grobogan

Kedelai Grobogan

Galeri Foto

Lokasi Kantor

**Go to top**

**Joomla! Debug Console**

**Session**

**Profile Information**

**Memory Usage**

**Database Queries**