Pemilihan Petani Muda

Pendaftaran :
5 mei 2018 – 17 Agustus 2018
Info Lengkap kunjungi http://www.dutapetanimuda.id/

petani muda 1

Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan

pelatihan pps 1Dinas Pertanian Grobogan melalui Bidang Penyuluhan, Sarana dan Prasarana Pertanian mengadakan Pelatihan Penyebaran Informasi Pembangunan Pertanian melalui media sosial (medsos), Rabu (18/7/2018). Pelatihan ini khusus diberikan pada sekitar 140 Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) dari kecamatan, se-Kabupaten Grobogan.

Dalam pelatihan ini, para PPS juga diajarkan beberapa hal terkait medsos. Mulai dari pembuatan akun medsos, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram hingga mekanisme informasi tersebut terpublikasi di akun medsos Tim Media Sosial dan Website Dinas Pertanian Grobogan. Selain itu, PPS juga diberikan pemahaman aturan yang tercantum di dalam UU Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) agar aman saat menggunakan medsos.

“Pelatihan ini dilakukan menindaklanjuti surat dari BPPSDMP Kementerian Pertanian Nomor B-5377/sm.210/1/6/ 2018 tertanggal 7 Juni 2018 tentang keterlibatan Penyuluh Pertanian dalam penyebarluasan informasi pembangunan pertanian melalui media sosial,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Grobogan Ir. Edhie Sudaryanto, M.M, saat membuka pelatihan yang dilangsungkan di aula dinas tersebut.

Ia menghimbau pada semua PPS untuk aktif dalam medsos. Sebab, keberadaan medsos bisa dijadikan sarana untuk menyampaikan kinerja yang sudah dilakukan. Selama ini, publik atau masyarakat luas belum banyak yang paham betul dengan keberadaan serta peran dari PPS.

pelatihan pps 2Melalui medsos, lanjutnya, publik sedikit banyak akan tahu tentang peran dan tugas dari PPS. Lewat sarana medsos, para PPS juga bisa menyampaikan berbagai informasi terkait dengan pembangunan pertanian dengan cepat, mudah, dan murah.

“Masyarakat sekarang ini sudah sangat familiar dengan medsos. Jadi, manfaatkan keberadaan medsos ini secara positif untuk penyebaran informasi pembangunan pertanian,” terangnya.

Edhie menilai, peran PPS cukup penting dalam upaya memajukan pertanian dan menyejahterakan petani di Grobogan. Hal ini, sesuai dengan slogan dari PPS Grobogan, yakni “Penyuluh Swadaya-Hebat, Pertanian-Tangguh, Petani-Sejahtera”. Pentingnya peran PPS makin dirasakan seiring banyaknya Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang sudah pensiun atau purna tugas.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyuluhan, Sarana dan Prasarana Pertanian Dinas Pertanian Grobogan Latifawati Kun Akhadiana menyatakan, ada beberapa manfaat dari

penyebarluasan informasi pembangunan pertanian melalui medsos. Antara lain, medsos merupakan media penyuluhan yang efektif dan efisien; cara efektif bagi para petani untuk saling berkomunikasi dan bertukar informasi; media transfer teknologi yang cepat, dan yang paling penting adalah sebagai media komunikasi antara petani dengan para pakar.

“Penyuluh harus bisa menyesuaikan dan mengembangkan diri dalam era digital yang semuanya serba maju. Khususnya dalam bidang teknologi informasi,” kata Latifawati seperti disampaikan Kepala Seksi Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan Christina Setyaningsih, MP.

**Add comment**


**Security code**
**Refresh**

Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Twitter Dispetan

Rumah Kedelai Grobogan

Kedelai Grobogan

Galeri Foto

Lokasi Kantor

**Go to top**

**Joomla! Debug Console**

**Session**

**Profile Information**

**Memory Usage**

**Database Queries**