Pemilihan Petani Muda

Pendaftaran :
5 mei 2018 – 17 Agustus 2018
Info Lengkap kunjungi http://www.dutapetanimuda.id/

petani muda 1

Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan

pelatihan jurnalistik 1Para penyuluh dan Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP) Dinas Pertanian Grobogan mengikuti pelatihan jurnalistik dasar, Kamis (19/7/2018). Pelatihan yang dilangsungkan di aula kantor dinas juga diikuti beberapa anggota tim Media Dinas Pertanian.

Bertindak selaku narasumber adalah wartawan Kompas gramedia Puthut Dwi Putranto. Dalam kesempatan itu, narasumber memaparkan kepada peserta bagaimana cara membuat berita yang baik bagi seorang pemula.

Menurut Puthut, menulis berita merupakan suatu upaya untuk bercerita, menerangkan, atau menyampaikan informasi suatu peristiwa dalam bentuk tertulis. Dalam menulis teks berita, informasi yang ditulis merupakan fakta bukan opini. Selain itu teks berita disusun dengan prinsip 5W + 1H (What, Where, When, Who, Why, How).

Dijelaskan, 5W mencakup apa, siapa, kapan, mengapa peristiwa atau kegiatan itu terjadi. Sedangkan 1H menggambarkan bagaimana proses terjadinya peristiwa tersebut.

“Untuk membuat berita dengan redaksi yang benar harus mengandung unsur 5 W 1 H. Dengan demikian, berita yang disajikan akan mudah dipahami dan mudah dimengerti oleh pembacanya,” katanya.

Satu hal lagi yang disampaikan adalah soal penulisan berita dengan format piramida terbalik. Dalam struktur tulisan piramida terbalik ini, posisi fondasi berada di bagian paling atas. Artinya, isi terpenting dalam penulisan berita ditempatkan di bagian paling awal tulisan atau paragraf pertama.

pelatihan jurnalistik 2Struktur Piramida Terbalik sudah dipakai lebih dari 150 tahun. Kantor berita Associated Press (AP) kabarnya merupakan pihak pertama yang menerapkan struktur ini, terutama untuk penulisan berita lempang (straightnews). Lewat struktur ini, pembaca dengan cepat mengetahui apa inti isi dari tulisan yang dibuat. Jika pembaca ingin mengetahui lebih jauh, ia bisa melihat apa yang ada di paragraf berikutnya.

Untuk para penulis berita, struktur ini menyelamatkan tulisan. Bila beritanya kepanjangan, sementara ruang untuk memuat beritanya terbatas, jurnalis tinggal memotong bagian bawah (tail). Atau kalau perlu memotong satu paragraf sebelum paragraf terakhir.

Tulisan dengan struktur pramida terbalik memang paling cocok digunakan untuk menyajikan berita. Struktur ini sering juga digunakan para petugas humas, yang kerap membuat press release.

Dalam penulisan artikel yang tidak terlalu newsy, logika dari struktur ini bisa juga diterapkan. Tempatkan hal paling penting (cerita utama atau topik yang perlu diketahui audiens) di paragraf pertama. Lalu paragraf demi paragraf berikutnya mendetailkan apa yang disebut di paragraf pertama atau kedua. (ip)

**Add comment**


**Security code**
**Refresh**

Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Twitter Dispetan

Rumah Kedelai Grobogan

Kedelai Grobogan

Galeri Foto

Lokasi Kantor

**Go to top**

**Joomla! Debug Console**

**Session**

**Profile Information**

**Memory Usage**

**Database Queries**