Pemilihan Petani Muda

Pendaftaran :
5 mei 2018 – 17 Agustus 2018
Info Lengkap kunjungi http://www.dutapetanimuda.id/

petani muda 1

Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan

safari tanam kedelai 1“Berbicara tentang Komoditas Kedelai itu tidak mungkin bisa dilakukan tanpa menyebut Kabupaten Grobogan”. Begitulah petikan dari sambutan yang disampaikan oleh Kasubdit Kedelai Direktorat Aneka Kacang dan Umbi Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Mulyono SP., MM. pada acara ramah tamah dengan Kelompok Tani Mekar Jaya Desa Putatnganten dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Grobogan, Jumat (20/7/2018).

Dengan didampingi oleh Kabid Tanaman Pangan Dr. Sunanto, S.ST., SP., Kabid Penyuluhan, Sarana dan Prasarana Pertanian Ir. Latifawati Kun Akhadiana, MM. dan Kabid Hortikultura Ir. Imam Sudigdo, MH., Mulyono SP., MM. ikut turun ke lahan dan melaksanakan “Safari Tanam Kedelai Bersama Petani Grobogan” di 3 wilayah kecamatan, yaitu Gubug, Karangrayung dan Klambu.

Kunjungan kerja dalam rangka “Safari Tanam Kedelai Bersama Petani Grobogan” pertama dilangsungkan di lahan Kelompok Tani Suroloyo Desa Jeketro, Kecamatan Gubug yang memiliki target tanam kedelai seluas 30 hektar. Sedangkan target tanam untuk Gapoktan Pak Tani Desa Jeketro adalah 80 hektar.

Dari Jeketro, kunjungan kerja dilanjutkan ke Kelompok Tani Mekar Jaya Desa Putatnganten, Kecamatan Karangrayung. Target tanam kedelai untuk Gapoktan Al Hikmah Desa Putatnganten adalah 125 hektare sedangkan untuk Kelompok Tani Mekar Jaya sendiri adalah 40 hektare.

safari tanam kedelai 2“Safari Tanam Kedelai Bersama Petani Grobogan” terakhir dilaksanakan di lahan Gapoktan Tani Makmur Desa Klambu. Dengan memanfaatkan pasokan air dari Sendang Keyongan dengan cara pompanisasi, Gapoktan Tani Makmur diharapkan mampu memenuhi target tanam kedelai seluas 52 hektare.

Di sela-sela acara kunjungan kerja ini, Mulyono, SP. MM. juga menyempatkan diri beramah tamah dan berdiskusi dengan petani. Dalam kesempatan ini, Mulyono mendapat banyak informasi dan masukan dari petani perihal penanaman kedelai khususnya di Kabupaten Grobogan.

Sebagai contoh, selama ini petani Desa Putatnganten memiliki sedikit kendala untuk tanam kedelai karena jauhnya letak sumber air. Tetapi sekarang kendala tersebut dapat teratasi dengan adanya bantuan 3 unit pompa air untuk Kelompok Tani Puspitasari, Ngudi Rukun, dan Mekar Jaya. Dengan adanya pompa air, kini poktan-poktan tersebut bisa memanfaatkan air dari sendang sehingga yakin akan mampu memenuhi target tanam kedelai.

“Safari Tanam Kedelai Bersama Petani Grobogan” terlaksana dengan penuh semangat dan keceriaan. Mulyono, SP. MH. dan para Kabid Dinas Pertanian bertugas membuat lubang dengan taju, sementara karyawan Dinas Pertanian dan petani bertugas mengisi lubang-lubang tersebut dengan benih kedelai.

safari tanam kedelai 3Dari acara “Safari Tanam Kedelai Bersama Petani Grobogan” tersebut dapat tergambarkan adanya kerja sama yang baik antara Pemerintah dengan petani dalam rangka mewujudkan swasembada dan kedaulatan pangan khususnya untuk komoditas kedelai.

“Salah satu Program prioritas Pemerintah Indonesia di bidang pertanian adalah mengurangi impor kedelai, karena sebenarnya kita ini mampu untuk berswasembada kedelai. Dan kalau saya melihat petani Grobogan yang begitu semangat dalam budidaya kedelai seperti sekarang ini dan semoga semangat seperti ini bisa menular ke daerah-daerah lain, maka Saya yakin tidak akan lama lagi Indonesia mampu berswasembada kedelai,” terang Mulyono, SP. MM. disambut tepuk tangan peserta “Safari Tanam Kedelai Bersama Petani Grobogan”. (ELISA-PSP)

**Add comment**


**Security code**
**Refresh**

Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Twitter Dispetan

Rumah Kedelai Grobogan

Kedelai Grobogan

Galeri Foto

Lokasi Kantor

**Go to top**

**Joomla! Debug Console**

**Session**

**Profile Information**

**Memory Usage**

**Database Queries**