Pemilihan Petani Muda

Pendaftaran :
5 mei 2018 – 17 Agustus 2018
Info Lengkap kunjungi http://www.dutapetanimuda.id/

petani muda 1

Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan

bintek statistik 1Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Statistik Pertanian bagi Petugas Tingkat Kecamatan, Senin (23/7/2018). Acara bimtek yang dilangsungkan di Learning Center Rumah Kedelai Grobogan (RKG) ini di ikuti oleh Petugas Statistik Pertanian Kecamatan dan Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) Badan Pusat Statistik (BPS) Grobogan.

Bimtek dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan Ir. Edhie Sudaryanto, M.M. Acara dihadiri oleh Kabid Tanaman Pangan Sunanto, Kasi Produksi BPS Grobogan Isgiantono dan Kasi Pengembangan Serealia Sismaedi selaku narasumber bimtek.

Edhie Sudaryanto dalam sambutannya memberikan arahan, bahwa dengan seiring berkembangnya teknologi informasi, sudah saatnya dikembangkan sistem penyajian data yang lebih cepat dan akurat sehingga memungkinkan penyajian data secara real time. Menurut Edhie, petugas yang menjadi kunci utama dalam kegiatan ini adalah Petugas statistik pertanian kecamatan bekerjasama dengan Mantri Statistik dari Kantor Statistik Kecamatan yang dibantu oleh tenaga Penyuluh Pertanian dan POPT yang ada di tingkat Kecamatan pula. Data dan informasi ini dibuat di tingkat Kecamatan serinci dan seakurat mungkin untuk selanjutnya direkap dan dihimpun di tingkat Kabupaten.

Dengan diadakannya Bimtek Statistik Pertanian ini diharapkan dapat lebih mengembangkan sistem penyajian data yang cepat dan akurat.

bintek statistik 2Edhie menambahkan bahwa dengan adanya informasi mengenai perkembangan ketersediaan luas baku lahan, luas tanam, perkembangan vegetasinya, bahkan sampai panen yang meliputi luas panen, produktifitas dan jumlah produksinya. Informasi tersebut sangat penting karena akan dijadikan salah satu dasar untuk menyusun kebijakan pemerintah daerah maupun pusat.

“Data statistik pertanian ini fungsinya penting sekali,karena digunakan sebagai indikator kinerja Bupati, jadi merupakan bentuk pertanggungjawaban kita kepada Pemda,” kata Edhie.

Dalam kesempatan itu, Edhie juga menyampaikan beberapa persoalan yang terkait dengan pembuatan data statistik pertanian. Misalnya, luas lahan sawah yang berubah-ubah. Kemudian, belum diberi fokus untukk komoditas hortikultura dan perkebunan.

“Harapan saya, tidak hanya komoditas pangan yang detail datanya. Sementara untuk komoditas hortikultura dan perkebunan belum detail. Saya harap, ada kerjasama yang baik sehingga data statistik pertanian nantinya bisa sinkron,” sambungnya

Sementara itu, Kabid Tanaman Pangan Sunanto menambahkan, data Statistik Pertanian selalu di sandingkan dengan SIM TP. Jika datanya berbeda akanterjadi penyesuaian.

“Selama ini di kabupaten Grobogan hasilnya selalu identik dengan hasil yang ada di SIM TP. Kalaupun terjadi selisih hanya sedikit saja,” jelasnya.

Peserta juga diingatkan kembali perihal pengisian form Statistik yang sudah ada sebelumnya oleh Kepala Seksi Produksi BPS Isgianto.Meliputi Statistik Pertanian (SP) Lahan, SP Padi Palawija, SP Pangan, SP Hortikultura dan SP Perkebunan. (IP)

**Add comment**


**Security code**
**Refresh**

Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Twitter Dispetan

Rumah Kedelai Grobogan

Kedelai Grobogan

Galeri Foto

Lokasi Kantor

**Go to top**

**Joomla! Debug Console**

**Session**

**Profile Information**

**Memory Usage**

**Database Queries**