Pemilihan Petani Muda

Pendaftaran :
5 mei 2018 – 17 Agustus 2018
Info Lengkap kunjungi http://www.dutapetanimuda.id/

petani muda 1

Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan

gpa soropadan 1Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam memodernisasi pertanian untuk kesejahteraan petani adalah butuh basis data pertanian yang cukup presisi. Hal itu disampaikan Ganjar, saat membuka Gelar Promosi Agribisnis (GPA) Soropadan ke-8 tahun 2018 di PPAP Agro Center Soropadan, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung, Jumat (27/7/2018).

Acara pembukaan GPA Soropadan juga dihadiri jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Jawa tengah, pejabat dari Kemenkominfo, Bupati dan Walikota se-Jawa Tengah.

Hadir pula Staf Ahli Bidang Infrastruktur Pertanian Kementan Ani Andayani dan Kepala Distanbun Provinsi Jateng Yuni Asih serta pejabat terkait lainnya.

Menurut Ganjar, berdasarkan data yang dimiliki, jumlah petani di Jawa Tengah sampai hari ini tercatat ada 2.815.888 orang. Meski demikian, sebagian besar petani ini hanya memiliki lahan rata-rata sekitar 0,25 hektar. Sementara untuk kesejahteraan petani setidaknya dibutuhkan lahan dua hektar.

Terkait kondisi itu, pemerintah bisa melakukan intervensi dengan memberikan insentif maupun bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada petani-petani kategori miskin. Untuk bisa melakukan kebijakan ini tentunya harus didasari dengan basis data.

Ganjar menegaskan, berdasarkan data tersebut maka pemerintah pusat maupun daerah bisa mengetahui kondisi riil pertanian yang ada di daerah masing-masing. Dengan demikian, kebijakan publik yang dibuat akan bisa sesuai dan tepat sasaran.

“Basis data pertanian ini penting sekali. Ketika data sudah benar, maka perlakuan atau kebijakan publiknya mesti kita dorong. Saya sudah menghitung, mereka yang miskin-miskin, petani yang kecil mau kita cover dengan asuransi petani. Maka seluruh risiko yang kemungkinan dihadapi karena bencana ataupun hama bisa kita lindungi dengan asuransi,” katanya.

gpa soropadan 2Melalui data yang akurat, modernisasi pertanian bisa lebih ditingkatkan dengan memberikan bantuan alsintan kepada para petani yang membutuhkan. Untuk memodernkan petani, pemerintah juga harus terus memberikan edukasi, khususnya bagi generasi muda.

Hal ini perlu dilakukan karena banyak petani yang usianya sudah tua, enggan beralih dari alat konvensional ke peralatan modern. Melalui modernisasi ini bisa mendorong generasi muda untuk kembali menyukai profesi petani.

Lebih lanjut Ganjar mengungkapkan, modernisasi pertanian yang didorong Pemprov Jateng tidak hanya dengan penggunaan alsintan modern saja. Modernisasi juga dilakukan dari sisi teknologi informasi. Salah satunya membuat aplikasi SiHaTi bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI). SiHaTi yang tidak hanya sebagai sistem informasi harga, tetapi juga menjangkau sistem informasi produk dan stoknya.

Ganjar berharap GPA Soropadan VIII bisa menjadi tempat learning center untuk pertanian di mana petani bisa belajar dan mendapat edukasi tentang bibit unggul, cara pengelolaan yang baik, serta cara menjual yang lebih menguntungkan. Sehingga sistem pertanian modern yang diharapkan bisa dijalankan.

“GPA Soropadan ini harus dijadikan sebagai learning center untuk pertanian. Harapannya, siapa saja bisa belajar disisni. Mulai dari milih bibitnya, cara menjualnya, dan mengelolanya dengan baik. Kita ingin nantinya tiap hari ada orang datang yang datang untuk belajar,” ujarnya.

Sementara itu, dalam pembukaan GPA Soropadan ini, Kementerian Pertanian juga memberikan bantuan kepada Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) di Jawa Tengah. Bantuan yang diberikan berupa 95 unit sepeda motor dan 6 unit mobil.

“Menteri pertanian berharap besar agar Jawa Tengah akan menjadi leading sector pertanian di Indonesia. Bantuan sepeda motor ini untuk sarana mobilitas petugas POPT dalam pengawasan di lapangan. Sementara bantuan mobil digunakan untuk laboratorium keliling serta memberikan sosialisasi bagi para petani,” kata Staf Ahli Bidang Infrastruktur Pertanian Kementan Ani Andayani dalam kesempatan itu.(ip)

**Add comment**


**Security code**
**Refresh**

Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Twitter Dispetan

Rumah Kedelai Grobogan

Kedelai Grobogan

Galeri Foto

Lokasi Kantor

**Go to top**

**Joomla! Debug Console**

**Session**

**Profile Information**

**Memory Usage**

**Database Queries**