Pemilihan Petani Muda

Pendaftaran :
5 mei 2018 – 17 Agustus 2018
Info Lengkap kunjungi http://www.dutapetanimuda.id/

petani muda 1

Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan

pompanisasi 1Kekeringan yang melanda petani pada musim kemarau ini sangat menyulitkan berbudidaya tanaman pertanian, baik tanaman pangan maupun hortikultura. Ini dikarenakan air merupakan sumber kehidupan bagi tanaman sehingga ketersediaannya sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan pertumbuhannya. Termasuk di Desa Selo Kecamatan Tawangharjo, upaya untuk mencukupi ketersediaan air bagi tanaman di lahan pertanian dilakukan dengan memanfaatkan pengambilan aliran air dari Sungai Lusi. Air sungai diambil dengan cara dipompa menggunakan mesin diesel berkekuatan besar.

Bantuan pompanisasi dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah dalam rangka menyediakan air bagi tanaman akhirnya terealisasi juga. Bantuan pompanisasi ini diberikan untuk Kelompok Tani Barokah Dusun Plumpungan Desa Selo Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan. Bantuan yang diberikan berupa pompa air jenis Yanmar SN 100,4 Dim dengan kekuatan 12,5 PK.Pelaksanaan kegiatan pompanisasi ini melibatkan semua elemen masyarakat dengan metode “Swakelola Padat Karya”.

Kelompok Tani Barokah yang diketuai oleh Soleh dan didukung oleh Margono, Saemuri, dan Suwarto beserta anggota kelompok tani lainnya telah berhasil menyelesaikan Kegiatan Swakelola Padat Karya pompanisasi dengan hasil yang sangat memuaskan karena dengan pompanisasi ini mampu mengaliri lahan sawah seluas lebih dari 47 ha.

pompanisasi 2Margono selaku tokoh penggerak masyarakat mengatakan bahwa dengan terlaksananya kegiatan pompanisasi pada Kelompok Tani Barokah, telah mampu meningkatkan pengembangan tanaman jagung manis di Dusun Plumpungan seluas 15 Ha. Selain itu, ada pula yang lahannya ditanami dengan metode tumpang sari antara jagung dengan kedelai dengan jarak tanam 70 cm X 20 Cm.

”Pompanisasi ini juga sebagai upaya percepatan tanam padi pada Musim Tanam I, yaitu bulan September-Oktober nanti dan diharapkan mampu meningkatkan hasil produksi komoditi unggulan Kabupaten Grobogan, yaitu padi, jagung dan kedelai, ” pungkas Margono.

Selain itu pendampingan dari dari Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan melalui Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Selo Kecamatan Tawangharjo Sri Mulyadi,SP pun intensif di lakukan.”Dari pagi hingga sore PPL setempat Sri mulyadi sering mendampingi kita memastikan agar kegiatan pompanisasi ini berjalan dengan baik”Kata ketua kelompok tani Barokah Soleh. (BA-ELS)

**Add comment**


**Security code**
**Refresh**

Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Twitter Dispetan

Rumah Kedelai Grobogan

Kedelai Grobogan

Galeri Foto

Lokasi Kantor

**Go to top**

**Joomla! Debug Console**

**Session**

**Profile Information**

**Memory Usage**

**Database Queries**