Pemilihan Petani Muda

Pendaftaran :
5 mei 2018 – 17 Agustus 2018
Info Lengkap kunjungi http://www.dutapetanimuda.id/

petani muda 1

Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan

posluhdesPos Penyuluhan Desa (Posluhdes) Desa Getasrejo resmi dibentuk sekaligus dilantik beberapa waktu lalu. Pelantikan pengurus Posluhdes dilakukan Kepala Desa Getasrejo Suparlan di balai desa setempat, Senin (30/7/2018). Pelantikan pengurus Posluhdes juga disaksikan Kasi Penyuluhan Dinas Pertanian Grobogan Christina Setyaningsih.

Pengurus Posluhdes Desa Getasrejo yang dilantik sebanyak tujuh orang. Yakni, Maksun yang menjabat sebagai ketua, Moh Purwanto (sekretaris), dan Endang Wahyuningsih (bendahara). Kemudian, Susilo (Sie Pangan dan Perkebunan), Dwi Gatot Prijayanto (Sie Peternakan dan Perikanan), Edi Suprobo (Sie Konservasi dan Lingkungan Hidup) dan Sri Rahayu (Sie Informasi).

Untuk menunjang tugas pengurus Posluhdes, Pemerintahan Desa Getasrejo juga memberikan dukungan sarana dan prasarana yang diperlukan. Antara lain, menyediakan ruangan untuk Posluhdes di komplek balai desa.

Kemudian, Pemerintahan Desa Getasrejo juga menyediakan lahan percontohan (demplot) untuk 5 Kelompok Tani di desa Getasrejo masing memperoleh lahan demplot seluas 1.600 meter persegi . Selain itu, lahan seluas 3.500 meter persegi juga disiapkan untuk demplot Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) setempat. Selain itu, pihak desa juga memberi anggaran sebesar Rp 5 juta untuk kegiatan penyuluhan pertanian.

Kepala Bidang Penyuluhan, Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Grobogan Latifawati kun Akhadiana menyatakan, jumlah Posluhdes yang ada saat ini sebanyak 77 unit. Pembentukan Posluhdes sebelumnya dilakukan tahun 2017 di Desa Crewek dan Desa Tanjungsari, Kecamatan Kradenan.

“Kalau dulu, anggarannya berasal dari APBD Provinsi Jateng. Untuk tahun ini anggarannya dari swadaya desa setempat,” jelasnya.

Ia menjelaskan, Posluhdes adalah unit kerja non struktural yang dibentuk dan dikelola secara partisipatif oleh pelaku utama dalam kegiatan penyuluhan di tingkat desa/kelurahan. Hal ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan).

Posluhdes merupakan ujung tombak pengembangan kelembagaan penyuluhan pertanian karena lokasinya berada di desa/kelurahan. Disamping itu, Posluhdes juga memiliki peran yang strategis untuk kemajuan pembangunan pertanian di pedesaan.

Peran-peran Posluhdes tersebut diantaranya adalah memudahkan penyuluh dalam menginventarisir permasalahan petani dilapangan, proses interaksi petani dengan penyuluh di Posluhdes akan berujung pada inventarisasi permasalahan petani oleh penyuluh.

Posluhdes tidak hanya sebagai tempat bertemunya petani dan penyuluh, tapi di Posluhdes tersedia berbagai informasi tentang pertanian, seperti informasi dari media Sinar Tani, buku-buku pertanian, Folder, Leaflet, Brosur dan media penyuluhan lainnya, dengan adanya media tersebut pada umumnya petani akan mudah memberikan pertanyaan karena mereka akan memiliki sedikit gambaran tentang masalah yang dihadapinya.

Selanjutnya, Posluhdes juga sangat berperan dalam membangun petani, kelompok tani dan gabungan kelompoktani menjadi lebih komptetitif, karena adanya posluhdes di tiap desa dapat merangsang petani untuk menjadikan Posluhdes mereka sebagai posluhdes terbaik dengan layanan prima bagi anggotanya.

“Dengan demikian keberadaan Posluhdes akan benar-benar menjadi basis bagi kegiatan penyuluhan di tingkat desa. Keberadaan Posluhdes juga dianggap dapat bepengaruh bagi kegiatan pengembangan agribisnis petani,” katanya.

**Add comment**


**Security code**
**Refresh**

Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Twitter Dispetan

Rumah Kedelai Grobogan

Kedelai Grobogan

Galeri Foto

Lokasi Kantor

**Go to top**

**Joomla! Debug Console**

**Session**

**Profile Information**

**Memory Usage**

**Database Queries**