Pemilihan Petani Muda

Pendaftaran :
5 mei 2018 – 17 Agustus 2018
Info Lengkap kunjungi http://www.dutapetanimuda.id/

petani muda 1

Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan

pengrajin olahan 1Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah melalui Bidang Pasaca Panen dan Bina Usaha (P2BU) sebagai tindak lanjut kegiatan fasilitasi bantuan UPH Kedelai untuk Gapoktan /Poktan dan pengembangan olahan kedelai di Kabupaten Grobogan, maka dilaksanakan Pemberdayaan Pengelolaan Hasil Komoditas Kedelai. Kegiatan akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari di Learning Center Rumah Kedelai Grobogan (1 – 3 / 08 / 2018).

Peserta yang dilatih dalam kegiatan ini sebanyak 40 orang, berasal dari unsur kelompok tani, pondok pesantren dan pelaku usaha olahan kedelai dari Kabupaten Grobogan juga Kabupaten Semarang. Metode penyampaian materi terdiri dari 40% teori dan 60% praktek membuat olahan berbahan baku kedelai lokal Non GMO.

Sebagai Narasumber dalam kegiatan ini adalah Wakid Mutowal, SP, M.Sc. dari Dinas Pertanian Kabupaten Gobogan, Yulianita Diyah Evitaningrum, Spam, Apt. dari Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan dan pengelola Rumah Kedelai Grobogan (RKG).

Yulianita Diyah Evitaningrum, Spam, Apt. dalam paparannya menjelaskan mengenai tata cara produksi pangan yang baik untuk Industri Rumah Tangga (CPPB – IRT). Diyah menyebutkan bahwa Penerapan CPPB-IRT merupakan pewujudan dari komitmen Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) untuk memenuhi persyaratan Perundang-undangan yang berlaku yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2004 tentang Keamanan, Mutu, dan Gizi Pangan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 107, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4424).

”Penerapan CPPB-IRT juga diharapkan dapat memberikan dampak nyata pada perkembangan IRT di Indonesia yaitu semakin maju dan kompetitif,” Diyah menjelaskan.

Sementara itu Wakid Mutowal, SP, M.Sc. dari Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan menyampaikan materi mengenai Teknologi Pengolahan Kedelai Menjadi Produk yang Berkualitas dan Hygienis, diantaranya pembuatan tempe hygiene, tahu hygiene dan susu kedelai.

Wakhid menyampaikan bahwa bagi kelompok-kelompok yang telah mendapatkan fasilitasi UPH Kedelai dari kegiatan provinsi maupun kabupaten diharapkan dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga mampu menambah pendapatan kelompok dan keluarga.

pengrajin olahan 2”Kunci menjadi pengrajin tempe, tahu dan susu kedelai yaitu dengan kerja keras, terus belajar, tidak mudah putus asa dan selalu sabar dalam mencari pasar. Selain itu kita juga harus sering berkonsultasi dengan pengrajin tempe yang sudah jalan, ” ungkap Wahid.

Setelah penyampaian materi secara teori, peserta akan diajak untuk mempraktekan cara pembuatan tempe, tahu dan susu kedelai dengan alat yang telah tersedia di Rumah Tempe Hygiene dan Rumah Tahu Hygiene Rumah Kedelai Grobogan (RKG).

Tahun 2018 ini Kabupaten Grobogan mendapatkan 1 (satu) paket bantuan alat pengolahan hasil kedelai berupa alat pembuat tahu yang diberikan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati Putih binaan Poktan Ngudi Rejeki I Desa Nambuhan Kecamatan Purwodadi. KWT yang diketuai oleh Patmi ini sebelumnya memang sudah memproduksi tahu dan tempe. Namun tahu produksi KWT Melati Putih ini kesulitan dalam pemasarannya dan kalah bersaing dengan tahu – tahu yang sudah laku di pasaran sebelumnya karena harga lebih murah disebabkan bahan bakunya berasal dari kedelai impor GMO.

Darwoto yang merupakan Ketua Kelompok Ngudi Rejeki I yang selalu membina dan memotivasi KWT. Melati Putih ini agar selalu optimis bahwa tahu dan tempe yang di produksi akan dapat bersaing secara kualitas kedepannya karena dengan adanya fasilitasi bantuan UPH Kedelai yang telah di terimanya.

”Harapanya kita dapat bersaing secara kualitas karena dengan alat pembuat tahu yang sudah modern ini kita dapat menghasilkan tahu dengan tekstur dan cita rasa yang khas, ” Darwoto menegaskan. (IP)

**Add comment**


**Security code**
**Refresh**

Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Twitter Dispetan

Rumah Kedelai Grobogan

Kedelai Grobogan

Galeri Foto

Lokasi Kantor

**Go to top**

**Joomla! Debug Console**

**Session**

**Profile Information**

**Memory Usage**

**Database Queries**